Tag

, , , , , , , , , , , , , , ,

wheel-of-life.jpg

Hari ini adalah Hari Arafah. Hari baik untuk berdoa. Jangan sampai lalui hari ini tanpa doa. Nah, kalau mau menyusun daftar doa yang benar-benar mencakup seluruh aspek hidup, begini caranya.

Ada 8 aspek hidup yang saya biasa gunakan untuk memetakan kehidupan, yaitu: spiritual, emosional, fisikal, intelektual, finansial, karir, keluarga, sosial. Buatlah lingkaran seperti di atas, dan tulislah delapan aspek tersebut seperti gambar di atas.

Nah, mulailah evaluasi diri di tiap aspek hidp tersebut. Beri nilai dari 1-10 berapa ponten kita untuk tiap aspek dan beri titik sesuai ponten di semua bagian tersebut. Lalu tentukan, apa yang masih harus kita lakukan. Apa yang harus kita mintakan kepadaNya? Apa yang kita inginkan dalam aspek-aspek tersebut?

Spiritual:

Sudah sedekat apa kita denganNya. Apa saja yang masih perlu kita lakukan untuk mendekat lagi kepadaNya, menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya?

Mintalah selalu jalan lurusNya menuju surgaNya dalam aspek ini. Mintalah kebaikan akhirat, dan ridloNya dalam segala hal.

Emosional:

Seberapa jauh kita sudah mengasah kecerdasan emosi kita? Apa lagi yang kita butuhkan untuk bisa lebih cerdas emosi?

Fisikal:

Bagaimanakah kesehatan kita lahir batin? Bagaimana hasil lab kita? Seberapa banyak keluhan yang masih hinggap di tubuh? Bagaimanakah agar kita dapat lebih mampu membaca sinyal dan kode-kode tubuh serta memenuhi hak-hak tubuh?

Apa yang kita butuhkan untuk benar-benar sehat lahir batin? Jiwa raga? Body mind soul? Mintalah agar kita selalu ikhlas, menikmati segala keptusanNya, bahagia penuh syukur dan jiwa selalu tenang, mutmainah.

Intelektual

Apa yang ingin kita capai dalam hal intelektual? Apakah ada kursus atau pendidikan yang ingin kita ambil?

Apa saja yang kita butuhkan agar kita dapat lebih banyak belajar dan berbagi pengajaran? Menulis lebih banyak artikel? Menerbitkan buku?

Apa yang dapat kita butuhkan agar kita dapat lebih banyak memahami Allah melalui berbagai ilmu yang ada?

Apa jalan surga yang bisa diraih dengan semua ilmu yang telah dikaruniakanNya?

Finansial

Apa saja kebutuhan kita secara finansial? Bagaimanakah pengelolaan uang kita? Apa lagi yang kita butuhkan agar kita cerdas secara finansial? Agar kita bisa mempertanggung jawabkan setiap sen yang telah Allah berikan kepada kita?

Bagaimana pula agar kita bisa selalu mensyukuri apapun yang telah diberikanNya, merasa cukup apa adanya dan mengelola apa yang ada untuk merintis jalan surgaNya?

Karir dan Profesi

Bagaimanakah pencapaian kita dalam karir serta profesi dalam jalanNya? Apakah karir dan profesi kita sudah benar-benar mendekatkan diri kita padaNya? pada manusia yang Allah inginkan saat Ia ciptakan kita di muka bumi?

Apa lagi yang kita butuhkan agar kita lebih dekat pada jenjang karir dan profesi yang mendekatkan diri kita pada tugas kita untukNya? Misi hidup kita? Ibadah kita?

Keluarga

Bagaimanakah kita dan keluarga kita sebagai makhluk-makhlukNya dalam menjalankan ibadah sebagai sebuah keluarga? Sejauh apa kita telah jalankan amanahNya sebagai ayah, bunda, anak?

Apa lagi yang dapat kita lakukan agar kita dapat lebih baik lagi menjauhkan keluarga dari api neraka?

Apa lagi yang perlu kita minta padaNya agar kita dapat menjadi keluarga sakinah mawahdah warahmah dalam menjalankan ibadah di jalanNya?

Sosial

Bagaimanakah kita untuk masyarakat? Untuk teman-teman di luar sana? Lingkungan? Tetangga? Publik? Dhuafa? Alam semesta?

Sudahkah kita manfatkan semua ilmu, harta, jabatan, untuk membawa manfaat sosial seluas-luasnya bagi sebanyak-banyaknya makhlukNya?

Apa yang perlu kita minta dariNya agar kita bisa menjadi manusia yang lebih bermanfaat lagi, membawa berkah bagi lingkungan, keluarga, dan alam semesta?

Dan bagaimana agar semua itupun mendapat ridloNya, membangun jalan menuju surgaNya?

🔹🔹🔹

Nah, tuliskan semua jawaban tersebut dalam lingkaran di atas sesuai dengan bagian-bagiannya. Dan lengkapi lagi, sebelum dituangkan dalam buku doa yang bisa kita baca selama Hari Arafah dan seterusnya sepanjang hari.

Selamat Hari Arafah. Selamat memanjatkan doa kepada Sang Khalik. Semoga Allah mengabulkan semua doa yang terucap di hari ini. Aamiin.

 

Image: startofhappiness.com